Pelibatan dan Pemberdayaan Masyarakat

AQUA Grup dan Himpunan Petani Organik Cianjur (Hipoci) Gelar Panen Perdana Sayuran dengan Pendekatan Pertanian Sehat


published on May 16, 2017

Cianjur, 16 Mei 2017 – Hari ini, AQUA Grup bersama dengan Himpunan Petani Organik Cianjur (Hipoci) menggelar panen perdana Sayuran Paprika Green House milik  salah satu petani dampingan Program Ecofarming  di Kampung Tabrik, Desa Gekbrong, Kabupaten Cianjur  yang merupakan daerah resapan air DAS Cibeleng. Paprika yang dipanen tersebut dikelola dengan menggunakan pendekatan pertanian sehat.   Dalam pendekatan pertanian sehat tersebut, petani didorong untuk menggunakan pestisida alami  dan mengelola kotoran ternak menjadi  pupuk organik dengan cara komposting sehingga mengurangi resiko pencemaran pestisida di tanah dan E.coli di sumber air.  Hadir dalam panen perdana tersebut adalah Wakil Bupati Cianjur, Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral, Kepala Dinas Petanian, Perkebunan, Pangan dan Holtikultura Kabupaten Cianjur, Kepala Dinas Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Cianjur, Kepala Kepolisian Resort Kebupaten Cianjur, Kepala Kepolisian Sektor Kecamatan Gekbrong, Komandan Rayon Militer (Danramil) Kecamatan Gekbrong, Kepala Kecamatan Gekbrong, Kepala Desa Gekbrong, Ketua RT/RW, Kepala Pabrik AQUA Cianjur, serta Perwakilan Kantor Pusat Danone AQUA

“Paprika tersebut ditanam dengan menggunakan pendekatan konsep pertanian sehat yaitu  mengurangi pemakaian pestisida hingga 75%.   Selain itu, pertanian juga dilakukan dengan modifikasi teknis untuk pengairannya dengan model panen air hujan,” jelas Arief Fatullah, Senior Sustainable Development Manager AQUA Grup. “Kami mengembangkan Program Ecofarming di Kampung Tabrik karena berdasarkan studi dari Universitas Padjajaran, Kampung Tabrik teridentifikasi memiliki resiko tinggi terkontaminasi pestisida dan E.coli yang disebabkan penggunaan pupuk kandang tanpa komposting,” tambah Arief.

Sementara itu, Sayuran Paprika ditanam di enam green house di lahan seluas 1,2 hektar.  Satu green house rata-rata bisa untuk menanam 1000 sayuran paprika. “Agar petani terdorong untuk melakukan praktik pertanian sehat, maka kami memfasilitasi  hasil sayuran mereka ini dapat terbeli  dengan harga yang tinggi.  Kami bekerja sama dengan beberapa jaringan restoran yang sudah berkomitmen untuk membeli produk sayuran sehat ini,” tambah Arif.  

Praktik pertanian sehat ini telah membawa dampak yang positif bagi para petani.  “Kami sudah bisa mendapatkan hasil panen setelah empat bulan ditanam.  Dan yang lebih membuat kami bersyukur karena hasil panen sayuran sehat kami juga dapat dipasarkan langsung ke restoran-restoran,”  ujar Sabar, salah seorang petani sayuran sehat. 

Inisiatif ini juga diapresiasi oleh Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman, “Ini bukti salah satu bentuk kepedulian perusahaan terhadap pelestarian lingkungan, karena melalui pertanian sehat kita secara bersama-sama menjaga kesuburan tanah yang juga membuat air mudah terserap ke dalam tanah. Selain itu kesejahteraan petani pun meningkat. Apalagi pemasaran hasil pertanian dari Kampung Tabrik ini telah merambah sampai ke Jakarta. Saya berharap program dapat terus dilakukan dan menyentuh serta memberi manfaat kepada semakin banyak petani khususnya di Kabupaten Cianjur.”

Harapan Wakil Bupati Cianjur tersebut selaras dengan keinginan AQUA Grup untuk terus menggali potensi pasar yang baru, sehingga dapat menyerap semakin banyak produk sehat dari Cianjur.

AQUA Grup yang menjalankan kegiatan operasional melalui pabriknya di Kecamatan Gekbrong, Kabupaten Cianjur telah menjalankan Program Pengembangan Pertanian Sehat secara terpadu sejak pabrik mulai dibangun yaitu pada  2009. Program ini dilaksanakan secara berkelanjutan bekerjasama dengan masyarakat di Kecamatan Gekbrong dan LSM.

Pengembangan Program Pertanian Sehat di Kecamatan Gekbrong ini terus dilakukan oleh Himpunan Petani Organik Cianjur (Hipoci). Kini Hipoci yang beranggotakan sekitar 700 petani telah mampu menghasilkan beras sehat 133 ton per musim tanam. Hasil produksi itu telah mampu memenuhi kebutuhan konsumen beras sehat di Cianjur, Bandung, Bekasi, Tengerang, Bogor, dan Jakarta.

Upaya AQUA Grup untuk terus berkontribusi terhadap pelestarian lingkungan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya para petani di Kecamatan Gekbrong, Cianjur ini dapat terwujud melalui kerjasama dan mendapat dukungan dari berbagai pihak; yaitu Pemerintah Daerah, Masyarakat, LSM, dan sebagainya. Hal itu didasari pada prinsip bahwa pelestarian lingkungan dan peningkatan kesejaahteraan merupakan tanggung jawab bersama

_______________________________________________________________

Tentang AQUA

AQUA merupakan pelopor Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) di Indonesia yang didirikan tahun 1973. Sebagai perwujudan visi dan komitmen dalam mengelola operasional secara bertanggung jawab dalam sosial dan lingkungan, AQUA mengembangkan inisiatif AQUA Lestari yang terdiri mulai dari Pelestarian Air dan Lingkungan, Praktik Perusahaan Ramah Lingkungan, Pengelolaan Distribusi Produk serta Pelibatan dan Pemberdayaan Masyarakat. AQUA adalah bagian dari kelompok usaha DANONE, salah satu produsen produk makanan dan minuman terbesar di dunia. Di Indonesia sendiri, unit usaha DANONE meliputi tiga kategori utama, yaitu minuman (AMDK dan minuman ringan non karbonasi), Nutrisi untuk Kehidupan Awal (Nutricia dan Sari Husada dengan produknya seperti SGM Eksplor, Lactamil, Nutrilon, Bebelac), serta nutrisi medis. Laporan keberlanjutan AQUA dapat diakses melalui www.aqua.com. Untuk masukan serta keluhan pelanggan, dapat disampaikan melalui AQUA Menyapa 08071588888 atau melalui Facebook Sehat AQUA dan www.aqua.com

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi:

Departemen Corporate                                                                         

PT. Tirta Investama (Danone AQUA)                    

TEL: 021 – 2996 1000                                                                 

E: corpcomm.aqua@danone.com