Pelibatan dan Pemberdayaan Masyarakat

Karyawan Pabrik AQUA Mekarsari dan Cianjur Rayakan Hari Buruh dengan Tanam Pohon


published on May 29, 2017

Hari Buruh Internasional atau yang dikenal dengan May Day, diperingati setiap 1 Mei, tak terkecuali di Indonesia. Hari Buruh adalah hari dimana para pekerja bisa menyalurkan aspirasi akan harapan dan  keinginan untuk perbaikan kondisi kerja dan peningkatan taraf hidup. Yang dilakukan karyawan Pabrik AQUA Mekarsari dan Cianjur dalam memperingati Hari Buruh cukup unik, yaitu dengan melakukan aksi penanaman pohon.

Terdapat 100 karyawan Pabrik AQUA Mekarsari yang menanam pohon bersama perwakilan masyarakat dari Pemerintah Desa Cisaat, Pemerintah Kecamatan Cicurug, Yayasan Lembaga Alam dan Lingkungan Indonesia (LALI), wartawan, dan warga Desa Cisaat. Mereka menanam 500 Pohon Damar dan Mahoni di kawasan Situs Batu Kujang, Desa Cisaat, Kecamatan Cicurug, Sukabumi. Kawasan ini dipilih karena berdasarkan studi hidrogeologi, yang  merupakan penyangga daerah resapan air, sehingga tepat untuk ditanami pohon demi kepentingan penyerapan air. 

Sementara di Cianjur, para karyawan bersama masyarakat menanam 100 pohon buah di lingkungan Desa Gekbrong,  sekitar kantor Kecamatan Gekbrong dan pagar pabrik. Selain bertujuan untuk penghijauan, aksi ini juga memberikan manfaat lebih melalui buah yang bisa dikonsumsi atau dijual.

 “Setiap Hari Buruh , kami selalu berkolaborasi dengan masyarakat untuk melakukan kegiatan bersama” kata Jarot Partoyo, Corporate Social Responsibility (CSR) Koordinator Pabrik AQUA Cianjur. Tahun ini, karyawan dan serikat pekerja memutuskan untuk melakukan penanaman pohon bersama warga. Menurut Jarot, hal ini dilakukan agar karyawan dan warga mendapatkan pengalaman menjalankan konservasi, sehingga timbul kesadaran bersama untuk menjaga lingkungan terutama air. “Dengan menanam pohon, kita turut berkontribusi pada perlindungan sumber daya air,” jelasnya.

Bekerja di Perusahaan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK), membuat para karyawan menyadari keberadaan air bersih merupakan salah satu kunci bagi keberlanjutan kehidupan dan perusahaan. Cara terbaik untuk menjaga kualitas, kuantitas serta keberlanjutan air adalah dengan menyerapkan air ke dalam tanah melalui pohon. Maka menjadi masuk akal ketika karyawan yang juga para relawan CSR sepakat mengadakan kegiatan penanam pohon untuk memperingati Hari Buruh.  “Pohon merupakan media penyerap air, membantu menstabilkan struktur tanah dan juga berkontribusi pada oksigen yang bersih,” kata Andi Suhandi, Stakeholder Relations Manager AQUA Pabrik Mekarsari.

Sebagai karyawan AQUA, Jarot dan Andi sepakat bahwa menanam pohon untuk merayakan Hari Buruh merupakan aksi yang tepat, karena turut berkontribusi pada kelestarian air. Selain itu dapat turut berkontribusi pada keberlanjutan perusahaan tempat mereka bekerja.